BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 04 Maret 2010

SKENARIO GAME


Skenario Game
          Pada tugas kali ini saya akan membuat skenario sebuah game yang mempunyai unsur edukasi bagi yang memainkannya. Skenario dalam pembuatan game edukasi ini saya buat dengan Macromedia Flash 8, karena merupakan software multifungsi. Terlepas dari fungsi awalnya, yaitu mempermudah pembuatan animasi web, ternyata flash berkembang pesat hingga dapat kita manfaatkan sebagai software multi media yang luar biasa. Bahkan Flash dengan action script-nya dapat dimanfaatkan menjadi program pembuat game yang mudah dan efektif.
          Dalam game ini saya membuat suatu permainan yang mengandung unsur edukasi pada anak-anak khususnya yang berumur 4-6 tahun dengan tujuan untuk meningkatkan daya ketelitian serta memperkenalkan huruf pada anak. Pada awal game yang saya mempersiapkan suatu objek gambar yang lucu dan menarik sebagai objek gambar pada permainan ini. Dalam game ini saya menyusun  titik-titik  yang merangkai objek tersebut. Awal pada tampilannya terlihat objek gambar yang saya buat dengan beberapa titik yang tersusun dengan huruf-huruf. Tersusunnya titik-titik dengan huruf pada masing-masing titiknya ini bertujuan untuk agar si anak dapat mengenal huruf dan melatih anak untuk dapat menyusun huruf dari A sampai dengan Z. Dan supaya menarik anak untuk belajar menyusun huruf, saya merangkai titik-titik tersebut menjadi sebuah gambar yang lucu. Jika salah pada saat menyambungkan titik-titik tersebut maka akan muncul sebuah pesan dengan kalimat ‘No...... Thats was wrong! Try Again!. Tetapi jika masing-masing titik telah terangkai sesuai dengan urutan huruf, maka muncullah gambar tersebut dengan tampilan berwarna dan sebuah pesan ‘You are Good !’. Jika ingin memainkannya lagi cukup dengan menekan ‘Play Again’.
          Demikian skenario game yang saya buat. Game ini memiliki sisi edukasi khususnya untuk anak-anak yang berumur 4-6 tahun untuk meningkatkan daya ketelitian serta memperkenalkan huruf pada anak. J

0 komentar: