Grafik Komputer
Grafik komputer adalah salah satu cabang disiplin ilmu informatika yang mempelajari pembuatan gambar dengan menggunakan komputer. Perbedaan antara grafik komputer dengan pengolahan citra adalah dalam pengolahan citra, gambar input kedalam proses pengolahan citra sudah tersedia, sedangkan pada grafik komputer dilakukan proses untuk menciptakan gambar dari awal.
Grafik komputer adalah ilmu yang sangat cepat berkembang pada saat ini. Perkembangan ini didukung oleh munculnya prosesor-proseor komputer yang cepat dan kartu grafik yang semakin canggih dan hebat. Grafik komputer banyak dipakai dalam bidang permainan komputer.
Grafik komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Istilah yang dikenal dalam grafik komputer
1. Geometri dan modelling adalah Metodologi pemodelan geometri yang dapat dikategorikan menurut jumlah infor seperti masi 3D yang tersedia dan jenis sensor yang digunakan. Baik sensor aktif dan pasif telah digunakan untuk menyediakan pengukuran geometri 3D. Tidak seperti teknik berbasis gambar, karena tingkat detail untuk model dapat sangat kompleks, kebutuhan komputasi proses rekonstruksi meningkat karena lebih besar dan lebih akurat set data yang dibutuhkan. Meskipun melalui pembatasan umum, contoh rekonstruksi di kompleks lingkungan dunia nyata telah dicapai dan kemajuan konstan dalam kedua sensor dan teknologi perangkat keras komputer cenderung memberikan alat untuk pemodelan geometri secara luas di masa mendatang.
2. Rendering adalah proses menghasilkan sebuah gambar dari sebuah model, dengan menggunakan program komputer. Model adalah deskripsi dari benda tiga dimensi dalam bahasa didefinisikan secara ketat atau struktur data. Itu akan berisi geometri, sudut pandang, tekstur, pencahayaan, dan bayangan informasi. Gambar adalah sebuah gambar digital atau raster grafik gambar. Mungkin istilah oleh analogi dengan “artis render” dari sebuah adegan. ’Rendering’ juga digunakan untuk menggambarkan proses menghitung efek dalam video editing file untuk menghasilkan output video akhir.
3. Behaviour adalah seperti yang digunakan dalam ilmu komputer adalah membangun antropomorfik yang memberikan “kehidupan” untuk kegiatan yang dilakukan oleh komputer, aplikasi komputer, atau kode komputer sebagai respons terhadap rangsangan, seperti input pengguna. Juga, “perilaku” adalah sebuah blok pada script komputer yang dapat digunakan kembali, bila diterapkan pada suatu objek, terutama grafis, menyebabkannya untuk menanggapi input pengguna dalam pola-pola bermakna atau untuk beroperasi secara independen. Juga, behaviour adalah nilai yang berubah seiring waktu (salah satu konsep kunci dalam reaktif pemrograman fungsional). Istilah ini juga dapat diterapkan pada tingkat tertentu untuk fungsi-fungsi dalam matematika, mengacu pada anatomi kurva.
4. Interaction adalah semacam tindakan yang terjadi sebagai dua atau lebih objek yang memiliki efek terhadap satu sama lain. Gagasan tentang efek dua arah sangat penting dalam konsep iinteraction, sebagai lawan dari satu arah pada efek sebab-akibat. Sebuah istilah yang terkait erat dalam kesalingterkaitan, yang berkaitan dengan interaksi dalam sistem: kombinasi dari banyak interaksi sederhana dapat mengakibatkan kemunculan fenomena.
Pengertian Realisme
Dengan meningkatnya pembuatan animasi grafis, baik untuk iklan, film, efek special, dan film kartun, sebuah standar realism baru menjadi sangat penting yaitu perilaku. Yang dimaksud perilaku disini ialah :
- Animasikarakter atau pergerakan objek
- Fenomena alam , misalnya : kain, bulu, rambut, kulit, asap, air, dan angin.
- Fisika newton, misalnya : tumbukan, gerakan jatuh, penyebaran, perlengkungan, perpecahan, ledakan, dsb.
Jika disimpulkan Realisme adalah suatu hal yang berkaitan dengan suatu kenyataan dengan perilaku yang terbentuk dikarenakan oleh objek itu sendiri ataupun efek-efek yang terjadi dikarenakan alam di dalam animasi tersebut. Realisme di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. Pembahasan realisme dalam seni rupa bisa pula mengacu kepada gerakan kebudayaan yang bermula di Perancis pada pertengahanabad 19. Namun karya dengan ide realisme sebenarnya sudah ada pada 2400 SM yang ditemukan di kota Lothal, yang sekarang lebih dikenal dengan nama India.
Teknik-teknik Realisme dalam Kompuer Grafik
1. Texture mapping adalah sebuah metode untuk menambahkan detail, tekstur permukaan (bitmap atau raster image), atau warna dihasilkan komputer grafis atau model 3D.
2. Bump pemetaan adalah grafis komputer teknik di mana pada setiap pixel, sebuah Usikan ke permukaan normal objek yang diberikan adalah mendongak dalam peta tekstur dan diterapkan sebelum dilakukan perhitungan iluminasi (lihat, misalnya, Phong shading). Hasilnya adalah lebih kaya, lebih rinci representasi permukaan yang lebih mirip dengan rincian yang melekat pada alam. Normal dan pemetaan paralaks yang paling sering digunakan cara membuat gundukan, dengan menggunakan teknik-teknik baru yang membuat bumpmapping menggunakan Skala abu-abu usang.
3. Pemetaan normal merupakan (Dalam grafik komputer 3D), atau “bump Dot3 pemetaan”, adalah sebuah teknik yang digunakan untuk berpura-pura penyalaan benjol dan penyok. Hal ini digunakan untuk menambahkan rincian tanpa menggunakan lebih poligon.
4. Shadow maps atau proyektif membayangi
adalah proses di mana bayang-bayang ditambahkan ke grafik komputer 3D. Konsep ini diperkenalkan oleh Lance Williams pada tahun 1978, dalam sebuah makalah berjudul “Casting melengkung bayangan pada permukaan lengkung”. Sejak saat itu, telah digunakan baik dalam pra-dirender adegan, secara realtime, bahkan di banyak konsol dan PC high-end game. Bayangan pemetaan digunakan oleh Pixar ’s RenderMan, dan sebaliknya, bayangan pemetaan telah digunakan dalam film-film seperti Toy Story.
5. Environment-maps
Memetakan refleksi lingkungan sekitar sebagai testur yang dipetakan ke sebuah objek geometri.
Memetakan refleksi lingkungan sekitar sebagai testur yang dipetakan ke sebuah objek geometri.
Teknik-teknik dalam Geometri
1. Texture- Mapping merupakan suatu metode untuk menambahkan detail, tekstur permukaan (bitmap atau raster image), atau warna yang dihasilkan komputer grafis atau model 3D. Penerapannya pada grafis 3D dirintis oleh Dr Edwin Catmull di gelar Ph.D. tesis 1974
2. Poligonization merupakan suatu metode dengan merubah bentuk asli objek, namun, ini membutuhkan resource hardware yang besar.
3. Splines merupakan suatu metode yang menggunakan representasi permukaan matematis (polynomial), tanpa menggunakan polygon sama sekali.
4. Implicit surface (Blobbies) merupakan suatu metode yang didasarkan pada fungsi x,y, dan z.
5. Subdivision Surfaces adalah suatu meode dengan membagi objek menjadi segitiga yang bertumpuk.
6. Degradasi tingkat detail adalah suatu metode dengan mengganti poligon pada objek yang berada pada posisi yang jauh, menghemat waktu render.
7. Mesh decimation merupakan suatu metode mengurangi poligon pada suatu objek untuk menghemat waktu rendering.
Sumber :
1 komentar:
wah ilmu yang sangat bermanfaat kaka.. terima kasih telah berbagi pengetahuannya kaka.. ^^
Posting Komentar